Rabu, 06 Mei 2015

Aplikasi “Kamus Sunda”

:: Sekilas tentang bahasa sunda ::.
Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa dari cabang Melayu – Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini dituturkan oleh setidaknya 38 juta orang dan merupakan bahasa Ibu dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa. Bahasa Sunda dituturkan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten, serta wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes (Sungai Cipamali) di wilayah Kabupaten Brebes dan Kali Serayu (Sungai Ciserayu) di Kabupaten Cilacap, di sebagian kawasan Jakarta, serta di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi Suku Sunda…
Setelah baca sekilas tentang bahasa sunda tadi, ternyata bahasa sunda banyak juga ya di gunakan di beberapa kota dan provinsi bahkan nyampe ada di luar negeri.  Menurut saya ini bisa jadi kesempatan buat di jadikan aplikasi.
Buat apa di bikin aplikasi, kan udah banyak di google play  ??
Kalo disebut banyak … menurut saya sih masih terbilang  bisa ke itung ada berapa aplikasi kamus sunda di google play. Untuk itu saya saya fikir kalo dibuat sendiri malah lebih asik , karena berhubung saya juga lagi belajar – belajar tentang android. jadi pengen nambah – nambah ilmu dulu hehe
oh ya … langsung aja ke topik …
Aplikasi Kamus Sunda berbasis Android yang saya beri nama aplikasi nya “KamuSunda” ini memiliki beberapa fitur seperti :
  • Kamus dari Bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia
  • Kamus dari Bahasa Indonesiake Bahasa Sunda
  • Filter kosakata, misalnya kita hanya mencari kosakata di huruf “A” aja.
untuk sementara itu dulu yang bisa saya buat , nanti saya akan kembangin lagi aplikasinya, untuk source code masih dalam tahap pengerjaan jadi belum bisa di share :)
di aplikasi ini, saya gunakan data csv kamus sunda nya disini
oh ya hampir lupa, ini ada screenshoot aplikasi dan beserta apknya disini

maaf kalo ada salah kata, maklum ini post pertama saya hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar